Ada Kirab Tombak Kyai Wijaya Mukti di HUT Pemkot Jogja

Sumber Gambar : krjogja.com
Ada Kirab Tombak Kyai Wijaya Mukti di HUT Pemkot Jogja | Joogja Circles - Pada hari kamis pahing lalu (12/06/2014), ada yang unik di upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota Yogyakarta. Upacara HUT tersebut sangat kental nuansa budaya jawanya. Bagaimana tidak, upacara tersebut menggunakan bahasa jawa. Ratusan PNS mengikuti jalannya upacara dengan memakai pakaian tradisional di halaman Komplek Balai Kota Yogyakarta, Jl. Kenari Yogyakarta.

Nuansa Jawa diperkuat dengan adanya Kirab Pusaka Tombak Kyai Wijaya Mukti. Pusaka Tombak Kyai Wijaya Mukti dikirab bersama dengan pataka (Baca : Simbol/ Logo) Pemerintah Kota Yogyakarta. Kirab tersebut dilakukan oleh para Camat yang juga mengenakan pakaian adat jogja. Lantunan Gending Ladrang Bimo Kurdo mengiringi Kirab pusaka tersebut. Pusaka Tombak Kyai Wijaya mukti dikirab untuk ditempatkan sementara di depan Balaikota sebelum dilakukan upacara HUT Pemkot Yogyakarta.

Sejarahnya, Tombak Kyai Wijaya Mukti merupakan pusaka milik Kraton Yogyakarta Hadiningrat. Tombak tersebut dihadiahkan kepada Pemkot Yogyakarta oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Peringatan HUT ke-53 lalu. Tombak yang dibuat pada 1921 tersebut kini menghiasi ruang kerja Walikota Yogyakarta. (-Joogja Circles-)

Referensi :  
Tombak Pusaka Pemkot Jogja Dijamas, http://krjogja.com/read/195495/tombak-pusaka-pemkot-yogya-dijamas.kr (Jumat, 29 November 2013 | 12:37 WIB)

2 komentar:

ndop mengatakan...

Kadang2 aku kepingin hidup di jogja beberapa bulan gitu.. pingin merasakan bagaimana rasanya..

Penghuni 60 mengatakan...

aku baru sekali-kalinya sob main ke Yogya, kepengen lagi sih

Posting Komentar

Joogja Circles, Berita dan Informasi Seputar Jogja.

Share Button :

 

Copyright © 2014 Joogja Circles | Powered by Blogger | You can also read our news at Facebook