Persiapan dan Kesiapan Sekolah melaksanakan Ujian Nasional

Persiapan dan Kesiapan Sekolah melaksanakan Ujian Nasional | Joogja Circles – Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama di D.I. Yogyakarta mulai dilaksanakan pada hari senin, 05 Mei 2014 dan akan berlangsung selama 3 hari. Pada kesempatan kali ini, Joogja Circles mencoba untuk melihat sejauh mana persiapan dan kesiapan sekolah dalam melaksanakan Ujian Nasional tersebut. 

Persiapan dan Kesiapan Sekolah melaksanakan Ujian Nasional | Joogja Circles
Bapak Agus Supriyanta, M.Pd
Setiap sekolah, pasti telah mempersiapkan siswanya untuk dapat menghadapi Ujian Nasional. Salah satunya persiapan yang dilakukan SMP N 3 Jetis. Sekolah ini telah mempersiapkan sejak bulan November 2013. Dimulai dengan memberikan tambahan pelajaran khusus bidang studi yang akan diujikan yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA. Program tersebut dinamakan TAJAM (Tambahan Pelajaran). Kemudian SMP N 3 Jetis juga melaksanakan program Test Pendalaman Materi (TPM) yang dilaksanakan sebanyak 7 kali. Selain memberikan bekal tambahan pelajaran, para siswa SMP N 3 Jetis juga diberikan Achevement Motivation Training (AMT) yang dilakukan oleh ahli psikologi. AMT dilaksanakan dalam rangka menyiapkan mental siswa dalam menghadapi ujian nasional. Dan terakhir yang tak boleh ditinggalkan adalah doa bersama oleh siswa, orang tua dan para guru. 

Bagaimana dengan distribusi soal ujian, adakah kendala yang dihadapi ? Dari hasil wawancara dengan bapak Agus Supriyanta, M.Pd, beliau menjelaskan bahwa semua lancar dan diterima dengan baik. Perlu diketahui, beliau adalah Kepala Sekolah SMP N 3 Jetis dan Pengurus MKKS Kab. Bantul. 

“Di Kabupaten Bantul, setiap anggota pokja siap menerima soal ujian dari Dikpora Propinsi. Khusus Pokja 13 di Kecamatan Jetis semua lancar diterima dengan baik. Dan mulai senin tiap sekolah dapat mengambil soal di Pokja untuk segera dilaksanakan di sekolah masing-masing”, tutur beliau. 

Untuk mengatasi masalah bocornya soal ujian, pihak penyelenggara ujian nasional di tingkat provinsi sudah mengkondisikan dengan baik. Pihak sekolah hanya bisa mengambil soal ujian nasional pada hari H sesuai jadwal mata pelajaran. Mengenai pengamanan di Pokja, dilakukan pengamanan dengan menjadwalkan piket bergilir yang dibantu oleh pihak kepolisian. 

Demikian persiapan dan kesiapan pelaksanaan ujian nasional yang ada di D.I. Yogyakarta, khususnya di SMP N 3 Jetis Bantul. Harapannya, semoga pelaksanaan ujian nasional berjalan aman, lancar dan tertib. Dari segi hasil ujian nasional, diharapkan semua siswa dapat lulus 100% dengan nilai rata-rata meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. 

Sumber : Hasil Wawancara dengan Bapak Agus Supriyanta, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP N 3 jetis Bantul.

2 komentar:

Ocha Rhoshandha mengatakan...

wuah, gimana hasilnya sekarang? UN SMP udah selesai kan?

duniaely mengatakan...

Kemarin ya selesainya UN, ada juga pembaca DE yg menginformasikan hal ini :)

Posting Komentar

Joogja Circles, Berita dan Informasi Seputar Jogja.

Share Button :

 

Copyright © 2014 Joogja Circles | Powered by Blogger | You can also read our news at Facebook