Menjelajahi Romantisnya Mural Jogja

Menjelajahi Romantisnya Mural Jogja | Joogja Circles - Sudah pernah ke Jogja ? Jogja memang istimewa. Terbukti dengan banyaknya potensi wisata yang dimiliki kota ini. Sehingga Jogja juga dikenal sebagai kota pariwisata. Semua sudut kota jogja itu romantis. Ada yang berbeda di kota ini, bandingkan dengan kota lain. Jika anda mengunjungi Jogja, mural menjadi pemandangan tersendiri. Mari sejenak menikmati keromantisan Kota Jogja dari sisi seni muralnya.

Sejak dahulu Jogja memang dikenal dengan Kota Seni-Budaya. Hal ini diperkuat dengan adanya mural yang menghiasi hampir di semua sudut kota Jogja. Kemanapun kita menjelajahi kota ini, selalu ada mural yang memikat anda untuk menikmatinya. Sungguh keunikan yang tak dapat ditemui di kota lain.
Menjelajahi Romantisnya Mural Jogja | Joogja Circles
Mural di Jalan Gejayan

Mural merupakan seni jalanan (Street Art) yang tak dapat terpisahkan dari Jogja. Dan kota Jogja sebagai galeri seni yang luas. Dari segi makna, mural menjadi media komunikasi visual pembuatnya. Pesan-pesan dari pembuatnya tergambarkan dalam bentuk gambar visual mural. Selain menambah nilai estetika, mural dapat mencitrakan kondisi sosial budaya, ekonomi, politik dan masih banyak lagi. 
Menjelajahi Romantisnya Mural Jogja | Joogja Circles
Mural di Jembatan Layang Tukangan / Lempuyangan
Mural juga dapat digunakan sebagai media iklan untuk mempromosikan event atau produk tertentu. Salah satunya adalah mural yang terdapat di daerah Tukangan, Yogyakarta. Tepatnya di depan SD Kanisius Gayam. Sepertinya, media iklan yang paling cocok di Jogja adalah dengan seni mural. Karena kota Jogja sudah dipenuhi dengan ketidakteraturan papan billboard, poster maupun pamflet di dinding-dindingnya. Ditambah lagi dengan munculnya media iklan multimedia yang sedikit demi sedikit merusak keindahan kota Jogja. Inilah mural yang mencitrakan perlawanan dari kegelisahan masyarakat Jogja tentang permasalahan sampah visual.
Menjelajahi Romantisnya Mural Jogja | Joogja Circles
Mural Iklan di daerah Tukangan
Mural dapat kita nikmati di beberapa lokasi, diantaranya di Jembatan Layang Lempuyangan, Jembatan Layang Janti, Dinding Stadion Kridosono, Jalan Gejayan, dan masih banyak lagi. Nikmatilah perjalanan anda di Jogja, jangan lupa nikmati pula muralnya. Kapan ke Jogja lagi ?

12 komentar:

ndop mengatakan...

Suatu saat aku kepingin nonton pertunjukan seni kontemporer gitu.. Di jogja pastinya buanyaaaak digelar.. Tapi gak nduwe konco sing seneng seni kontemporer soale :(

Sobat Bercahaya mengatakan...

Kata Bang Iwan Coretan dinding adalah pembrontakan. tek kadang iya juga sih tapi jika pembrontakan melalui seni seperti mural akan lebih indah.

Susi Susindra mengatakan...

Jogja memang kotanya orang-orang kreatif. setiap jengkal bisa dikembangkan potensinya. Jadi pengen banget kembali ke Jogja.

duniaely mengatakan...

Sering ke Yoga tapi blom pernah lihat mural nih , keren juga ya :)

Blogs Of Hariyanto mengatakan...

waktu ke jogya tahun kemarin...saya sempat mengabadikan beberapa mural yang ada di jogya...muralnya keren dan unik...kalimat2nya juga asyik dan menggelitik..
selamat berlomba..semoga menjadi yang terbaik....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Adi© mengatakan...

Mau tanya apa benar juga kalau Jogja termasuk daerah dengan biaya hidup termurah ?

Joogja Circles mengatakan...

@Adi© : menurut kesan dari teman yang pernah ditemui, mereka setuju dengan hal tersebut

Dani Pratama mengatakan...

Tapi ada juga yang buat moral belum selesai udah ditinggal...atau kadang bercampur aduk timpang tindih dengan mural sebelumnya..

Keke Naima mengatakan...

Jadi cantik temboknya :)

Nandar mengatakan...

Kalau gambarnya bagus gitu enggak apa2 deh corat coret tembok juga ya

Sunandar mengatakan...

wah keren :D

Mbahe Ariel mengatakan...

seniman dimanapun pasti selalu bikin karya yang membuat orang kagum, dan streetart biasanya digunakan juga untuk melancarkan protes protes, ataupun menanggapi isu sosial. overall keren

Posting Komentar

Joogja Circles, Berita dan Informasi Seputar Jogja.

Share Button :

 

Copyright © 2014 Joogja Circles | Powered by Blogger | You can also read our news at Facebook