ASI Eksklusif, penting tuk sang buah hati !

ASI Eksklusif, penting tuk sang buah hati ! | Joogja Circles - Tahukah anda, tingkat pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif telah menurun pada dekade terakhir. Kondisi ini diperparah pula dengan belum adanya dukungan kepada keluarga Indonesia, terutama ibu-ibu untuk mendapatkan akses informasi selengkap mungkin mengenai ASI baik dari rumah sakit tempat melahirkan dan tenaga kesehatan. Padahal pemberian ASI secara Eksklusif merupakan intervensi yang paling efektif untuk menekan angka kematian anak. Menurut Survey Demografi Kesehatan, hanya sepertiga penduduk Indonesia secara eksklusif menyusui anak-anak mereka. 

Bagaimanakan pemberian ASI secara eksklusif itu? Untuk yang belum mengetahui, ASI Eksklusif adalah pemberian air susu ibu kepada bayi umur 0 sampai 6 bulan tanpa diberi makanan atau minuman tambahan. Pengecualian untuk pengobatan penyakit diberikan obat untuk terapi. Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 128 ayat 1 pun telah menegaskan bahwa hak bayi mendapatkan ASI Eksklusif harus dipenuhi. 

"Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan, kecuali atas indikasi medis." 

Pemerintah juga telah mengambil langkah untuk meningkatkan angka menyusui ibu dengan menyusun Peraturan Pemerintah RI No. 33 Tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu. Banyak sekali manfaat yang didapat dari pemberian ASI Eksklusif

ASI memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk perkembangannya. ASI juga memberikan antibodi terhadap penyakit anak. Dua penyebab utama kematian anak di negara Indonesia adalah diare dan pneumonia. Dengan pemberian ASI secara Eksklusif dapat mengurangi dan mencegah bayi terjangkit penyakit tersebut. 

 Sosialisasi mengenai pentingnya ASI bagi kesehatan dan imunitas Bayi dirasa sangat perlu. Untuk itu, dari artikel ini semoga mampu memberikan sedikit informasi mengenai ASI Eksklusif

IMATHO Day Care
Lalu bagaimana untuk para ibu yang sibuk, sedangkan stock ASI di rumah habis. Sebenarnya hal tersebut tak perlu dikhawatirkan. Banyak jasa program ASI Delivery yang bisa dimanfaatkan. Untuk wilayah Yogyakarta sendiri, anda dapat memanfaatkan program ASI Delivery yang ditawarkan oleh IMATHO Day Care. IMATHO Day Care siap datang menjemput ASI dan mengantarkannya untuk buah hati anda. Bagaimanapun ASI eksklusif dalam masa pertumbuhan harus diutamakan demi kesempurnaan perkembangan sang buah hati. (-Joogja Circles-)

1 komentar:

Syarfina S. Malem mengatakan...

Wahh.. di jogja ada asi delivery? Mantaps itu :)

Posting Komentar

Joogja Circles, Berita dan Informasi Seputar Jogja.

Share Button :

 

Copyright © 2014 Joogja Circles | Powered by Blogger | You can also read our news at Facebook