Apakah Ramnor berspion satu kena tilang ? Lihat aturannya

Joogja Circles
Apakah Ramnor berspion satu kena tilang ? Lihat aturannya | Joogja Circles - Di dunia otomotif, modifikasi kendaraan memang sangat menarik. Banyak kalangan remaja merubah tampilan kendaraannya sesuai selera masing-masing. Tak terkecuali kendaraan-kendaraan di jogja. Apabila kita lihat di jalanan banyak kendaraan di jogja yang sudah tidak standar lagi bentuknya. Minimal kaca spion hanya satu yang terpasang. Namun tahukah anda, bahwa ada undang-undang yang mengatur tentang hal tersebut. Mungkin, belum tersosialisasi dengan baik sehingga pengendara kendaraan bermotor terkesan acuh tak acuh terhadap hal ini. Sesuai dengan Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 menerangkan bahwa : 

(1) Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knlapot dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (3) juncto pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) 

(2) Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan,penempelan, atau penghapus kaca sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (3) juncto pasal 48 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah). 

Undang-undang tersebut dipaparkan oleh Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Polda DIY pada saat dimintai keterangan oleh Tribun Jogja (Selasa Pahing, 12 Februari 2013) mengenai Pasal yang mengatur Ranmor Tanpa Spion. Semoga dengan adanya informasi ini dapat meningkatkan pengetahuan anda tentang aturan berlalu lintas sekaligus membantu Polda DIY untuk sosialisasi aturan ini. So, Ranmor berspion satu bisa jadi kena tilang. Selamat berkendara, Jogja istimewa. (-joogja circles-)

1 komentar:

Ario Antoko mengatakan...

tapi kan tidak disbut jumlah spion yang harus terpasang di UU, jadi berspion satu ga melanggar dong :D

Posting Komentar

Joogja Circles, Berita dan Informasi Seputar Jogja.

Share Button :

 

Copyright © 2014 Joogja Circles | Powered by Blogger | You can also read our news at Facebook