Sepasang Pohon Tua di Alkid

Sepasang Pohon Tua di Alkid | Joogja Cirlces
Sepasang Pohon Tua di Alkid

Joogjacircles.blogspot.com - Pernahkah anda ke Alkid ? Alun-alun Kidul (Alun-alun Selatan) yang populer dengan sebutan "Alkid" merupakan wilayah bagian selatan dari Kraton Yogyakarta. Di Alkid, terdapat dua buah pohon beringin yang letaknya di tengah-tengah Alun-alun. Kedua pohon beringin ini disebut Wok. Apa itu Wok ? Wok berasal dari kata Brewok. Hal ini diartikan sebagai gambaran bagian badan yang paling rahasia. Sehingga kedua pohon tersebut dijaga dan dibatasi oleh pagar putih. Sepasang pohon beringin ini menjadi saksi hidup perjalanan kota Yogyakarta, usianya puluhan tahun. Pohon Beringin Tua ini menjadi daya tarik tersendiri oleh masyarakat sekitar maupun para wisatawan yang berkunjung. Daya tarik tersebut adalah kedua pohon beringin ini digunakan sebagai objek permainan yang mengandung nilai kepercayaan. Menurut kepercayaan masyarakat Yogyakarta, orang yang berhasil melewati sepasang pohon beringin tersebut dengan mata tertutup, maka akan dimudahkan dalam meraih cita-cita dan harapan. Sudahkah kalian mencobanya ? Yuk berkunjung ke Jogja. (-Joogja Circles)

Foto ini diikutsertakan untuk meramaikan turnamen Foto Perjalanan Ronde 15 dengan tema : PASANGAN dengan tuan rumah kali ini adalah Dansapar

Read our article at : http://log.viva.co.id/news/read/393748-sepasang-pohon-tua-di-alkid

12 komentar:

Dhiyas kn mengatakan...

Emang unik ya buat hiburan! Tp anehnya kok jarang yang bisa ngelewati phon nya pasti de meleset terus.. Moga aja hari raya besok bisa kejgja.. kunjungan siang mas.

Santosa Sparta mengatakan...

Jadi pengen ke jogja nich, tapi entah kapan, hikz

Pak Sodikin mengatakan...

Ke yogya sudah bahkan sering. Mengikuti permainan mata tertutup untuk melewati dua pohon beringin belum pernah mencoba. tidak percaya saja akan kepercayaan yang mengiringi di balik cerita dua pohon beringin tersebut.

ahmad muazim abidin mengatakan...

pernah (sering) juga lihat acara2 di televisi pada pohon tua ini... tapi belum pernah berkunjung ke sana, kejogja juga belum pernah

Nirada mengatakan...

Kalo buat having fun sih oke, asal jangan percaya kalo masalah keberkahan. Saya tahu kok triknya, asalkan orangnya punya pendengaran yang oke. Begini...

1. Biasanya kan diputer dulu tuh badan kita, setelah itu dengarkan arah suara motor. Kalibrasikan supaya suara motor dengan telinga anda. Biasanya kalo malam bakalan mudah. :)
2. Putar-putar badan anda sampai suara motor ada yang semakin kencang dari arah kiri dan kanan depan. Dengan itu anda tepat menghadap "wok". :)
3. Jalan aja lurus, sudah pasti anda masuk deh. FYI, setiap kesana, saya pasti lulus. Hehehe... :)

Kuncinya cuma satu, pendengaran yang baik dan konsentrasi. Harusnya sih cowok lebih bisa nih, soalnya punya kemampuan ekolokasi. :)

Adi Pradana mengatakan...

Iya cuma tuk having fun saja, mantap nih triknya bang iwan. Kalo boleh ijin tuk share jadiin artikel ya bang... :)

http://cinta009.blogspot.com/ mengatakan...

wah kayaknya ni sering nongol di tv,..

tapi kayaknya itu hanya sebuah mitos, cara untuk dimudahkan dalam meraih cita-cita dan harapan. yang pasti adallah semangat pantang menyerah dan fokus apa yang kita cita citakan.
dijamin deh pasti akan dimudahkan dalam meraih cita-cita.
tapi ga ada salahnya kalo kita coba lewat kali aja kita memiliki fokus yang kuat dalam melangkah, bisa jadi kita berhasil melewati sepasang pohon beringin tersebut
he he he

trimaksih kemaren udah datang dan komentar di blog saya,

salam persahabatan antar sesama bloger.

Cumi MzToro mengatakan...

jadi kangen jogja trus jalan menutup mata sampai melewati pohon beringin ini hehehe

Katumbu mengatakan...

nhe pohon kayaknya yang sering di tv nhe, yang katanya ga bisa lwat dtengah2nya.. betul ga nhe??

cahyo jm mengatakan...

wah kayaknya saya pernah liat deh gan,,,klo gk salah di alun" kraton jogja yah?salam kenal sobat makasih sudah berbagi

Restu Nugroho mengatakan...

emang bener gak sih, klo pohon beringin di alkid ini bisa mewujudkan cita-cita klo kita bisa melewatinya ?

Adi Pradana mengatakan...

@Restu Nugroho : kalau itu hanya mitos dari warga jogja sendiri mas, yang penting jadikan permainan yang menyenangkan saja bila berkunjung di alun-alun kidul kraton yogyakarta. :)

Posting Komentar

Joogja Circles, Berita dan Informasi Seputar Jogja.

Share Button :

 

Copyright © 2014 Joogja Circles | Powered by Blogger | You can also read our news at Facebook