Riwayat Universitas Gadjah Mada di Kota Pendidikan

Riwayat Universitas Gadjah Mada di Kota Pendidikan
Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Riwayat Universitas Gadjah Mada di Kota Pendidikan | Joogja Circles - Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal dengan kota Pendidikan. Hal ini bukan semata-mata karena memiliki banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Bukan pula semata-mata karena banyaknya mahasiswa dari luar daerah di seluruh Indonesia yang belajar dan menuntut ilmu di Yogyakarta. Namun predikat ini memiliki riwayat yang cukup panjang. Dalam artikel ini akan di bahas mengenai riwayat Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Universitas Nasional yang pertama. 

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu perguruan tinggi unggulan di Yogyakarta. Banyak calon -calon mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di UGM. Dahulu, di jaman kemerdekaan, berdirilah Balai Perguruan Tinggi Kebangsaan Gadjah Mada. Balai Perguruan Tinggi ini berdiri di tengah-tengah berlangsungnya perjuangan bersenjata dan diplomasi. Balai Perguruan tinggi Gadjah Mada terdiri dari pendidikan tinggi hukum. 

Balai ini diresmikan pada tanggal 03 Maret 1946 oleh Presiden Soekarno. Sedangkan para pendirinya adalah Prof. Dr. Sardjito, Prof. Mr. Djokosutono, Prof. Mr. Kartonegoro, Prof. Johannes dan Prof. Mr. Notonegoro. Gedung yang digunakan untuk belajar adalah Pagelaran dan Siti Hinggil Kraton Yogyakarta yang dipinjamkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. 

Dalam perkembangannya, Perguruan Tinggi ini diserahkan oleh Yayasan Kepada Pemerintah RI dan diterbitkannya Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949. Peraturan tersebut menerapkan berdirinya Universitas Gadjah Mada yang diresmikan pada tanggal 19 Desember 1949 dalam suasana pengakuan Kedaulatan RI oleh Belanda. Seiring perkembangan, banyak pemuda, pelajar bahkan pejuang yang putus sekolah di masa perang melanjutkan kuliah di Universitas Nasional yang pertama kali ini. Ada yang masuk ada pula yang lulus, lulusan dari Universitas Gadjah Mada kemudian menyebar ke seluruh pelosok tanah air. Hingga kini banyak putra-putri dari luar daerah Yogyakarta yang melanjutkan pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Jogja Istimewa! (-Joogja Circles-) 

Sumber : buku Profil Kota Yogyakarta Tahun 2004

5 komentar:

budi os 19 mengatakan...

jujur saya baru tahu..sejarahnya UGM...mas
dan sebg Univ nasional pertama..saya Pikir UI.....
trims utk infonya :)

Amatullah Syukur mengatakan...

Baru tau sejarahnya dari postingan ini, makasih ya.
Pernah baca jg sejarah ratu elizabet mngakui kemerdekaan RI itu bukan thn 1945 tp thn 1949 mgkn ada kaitanx dgn sejarah pengakuan kedaulatan RI oleh Belanda yg anda cceritakn diats.

Dhimas Kirana mengatakan...

PTN favorit nih, tapi biayanya mahal. murah UNY...

Adi Pradana mengatakan...

Memang sih mahal mas dhimas, tapi lulusannya banyak dicari. :)

Adi Pradana mengatakan...

Kembali kasih ya, membaca menambah wawasan...

Posting Komentar

Joogja Circles, Berita dan Informasi Seputar Jogja.

Share Button :

 

Copyright © 2014 Joogja Circles | Powered by Blogger | You can also read our news at Facebook